Tuesday 1 April 2014

Apa arti sebuah nama bagi anda ?

No Name

Oleh: Malik Abdul Azis

Arti sebuah nama, apalah arti sebuah nama bagi anda? Apakah anda merasa hebat dengan nama anda? Ataukah anda merasa malu dengan nama asli anda?. Sehingga banyak kasus, ditemu dalam beberapa jejaring sosial banyak nama palsu, contohnya saja. "Malik Semar Kasepp" atau "aziz_uchiha" atau MalikLoveNuraen
iCemungutQaqaEaEa. Ya, memang tak jarang mengundang tawa, maaf sebelumnya, bila ada yang merasa tersinggung. Saya tidak bermaksud menyindir, tapi hanya pesan dari diri pribadi.

Bila nama asli kita kurang enak didengar dan kita berharap menggantinya dengan nama yang mengandung arti positif dalam jejaring sosial, menurut saya itu tidak masalah. Contoh: Nama asli kita, Roim. Nama panjangnya Roiiiiiiiiiiiim. Dan anda berniat ingin memperbaikinya menjadi Roim cinta Alloh atau Roim sahabat Dhuafa. Otomatis, presepsi orang-orang disekitar menjadi berbeda. Ketimbang memiliki nama yang bagus tetapi malah dibuat menjadi negatif, contoh, namanya Roim. Nama panjangnya Roiiiiiim. Lalu dia membuat nama di akun jejaring sosial menjadi "Roim penunggu gedung tua" atau Roim celalu always cedih (duh, udah celalu pakai always lagi ) praktis, bila si Roim ini sedang mencari jodoh. Lalu ada orang yang berpontensi menjadi calonnya dan melihat nama terlebih dahulu, apa kata sang Calon ?

"Ini orang, tadinya saya mau dan suka sama dia, tetapi setelah dipikir lagi, gimana dia bisa memimpin keluarga orang dianya aja menyebut dirinya sebagai Roim celalu always cedih ? Enggak, apa nanti kata anak-anak ? Mampukah ?"

Wahai sahabat, mari bersyukur. Nama adalah doa orang tua terhadap kita. Ya doa yang sangat Tulus, tidak mudah orang zaman sekarang bahkan orang zaman dahulu memberikan dan menentukan nama pada anaknya, butuh proses panjang, bisa beberapa hari. Percayalah. Jika tidak, silahkan anda bisa bertanya kepada orangtua atau keluarga besar anda. Begitu pula dengan nama yang kedengarannya lucu, contoh Orang tua menamai anaknya dengan nama "Rambutan" janganlah sedih atau malu. Bisa saja dibalik nama "Rambutan" mengandung harapan sangat besar seperti filosopi buah rambutan. Meski berbulu, kasar dan berwarna-warna. Tetapi di dalam isinya tetap Putihan Putih yang menyegarkan.

Saya jadi teringat Hadis Nabi yang artinya.

"Dari Abu Darda, ia berkata : Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya kalian akan di panggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian. (HR. Abu Darda. Ad-Darimi dan Baihaqi)"

Saya mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment