Friday 23 May 2014

Perayaan Idul Fitri sebagai Muslim Day



Hari raya idul fitri merupakan salah satu perayaan muslim day atau harinya orang muslim,  setelah berpuasa selama 30 hari, ya bukan sekedar menahan lapar dan haus, juga menahan amarah dan perbuatan sia-sia. Seolah menjadi tradisi, di Indonesia setiap kali hari raya idul fitri, banyak orang-orang mudik atau pulang ke kampung,untuk berkumpul dengan sanak family, saling mengunjungi saudara dan tetangga sekitar rumah, dan tentunya ini adalah hal yang positif.
Setelah menunaikan sholat iedh bersama, maka mereka berbondong-bondong meminta maaf satu sama lain, di mulai dari keluarga, sahabat dan tetangga, bahkan biasanya penyedia layanan komunikasi, kerepotan menghadapi ini, karena terlalu banyaknya pesan yang di kirim dalam waktu yang hampir bersamaan.
Muslim day semacam inilah yang layak di lestarikan, karena merupakan sebuah momentum untuk berkumpul dengan keluarga besar, yang biasanya jarang jumpa selama satu tahun, karena ada sebagian dari mereka yang merantau ke luar kota, tetapi perlu di cermati juga, bahwa tradisi ini menimbulkan efek, terjadi pelonjakan angka kecelakaan lalu lintas, karena banyaknya para pengendara yang beramai-ramai mudik, tidak terkecuali menyebabkan kemacetan.
Mungkin lain negara lain tradisi, yang penting acara muslim day ini, dirayakan oleh semua umat islam yang tersebar di penjuru dunia, yang harus kita fokuskan bukanlah bagaimana merayakan muslim day ini, tetapi kita juga harus tahu, apa saja makna yang terkandung dari muslim day tersebut.

No comments:

Post a Comment