Wednesday 4 September 2013

Muslim Inspiration


Tokoh-tokoh Islam Kelas Dunia
Saudaraku, Al-Quran adalah kalamullah, dan di dalamnya banyak banget ayat mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi. Itu menjadi landasan bagi umat islam zaman dahulu untuk saling berlomba-lomba dalam menuntut ilmu setinggi-tingginya, mempelajari dasar-dasar ilmu pengetahuan yang ada dalam Al-Quran. Sejumlah laboratorium pun didirikan sebagai pusat-pusat penelitian.
Al hasil, umat islam pada zaman itu telah mampu melahirkan berbagai teori ilmu pengetahuan, mulai dari cara mata kita bekerja hingga gugusan bintang di angkasa, lalu mulai dari teori tentang angka nol, hingga bagaimana cara membuat teropong.
Maka, ilmuwan muslim pun banyak bermunculan sejak zaman dulu. Simak deh beberapa diantara mereka berikut ini:
Al kindi
Ilmuwan yang punya nama asli abu yusuf al kindi ini merupakan bapak penemu psikofisik. Hmm apaan sih psikofisik itu? Secara umum, psikofisik adalah salah satu cabang dari ilmu pengetahuan.
Al kindi adalah ilmuwan pertama di dunia yang menemukan ilmu psikofisik ini. Beberapa abad kemudian, banyak ilmuwan barat yang menjadikan penemuan-penemuan al kindi untuk mengembangkan ilmu pengobatan modern.
Ibnu rusyd (averroes)
Beliau lahir di kordoba Spanyol pada tahun 520 hijriah (1128 Masehi). Beliau mendalami begitu banyak ilmu pengetahuan, seperti kedokteran, hukum,, matematika, filsafat, dan lain-lain.
Di dunia barat, beliau dikenal sebagai averroes dan komentator terbesar atas filsafat aristoteles yang mempengaruhi filsafat kristen pada abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St. Thomas aquinas. Banyak orang mendatangi beliau untuk berkonsultasi seputar masalah kedokteran dan hukum.
Ibnu sina (avicena)
Lahir pada tahun 980 di afshana, daerah dekat bukhara, sekarang wilayah uzbekistan. Beliau adalah pengarang 450 buku pada pokok bahasan besar. Beliau diakui sebagai “bapak kedokteran modern.” George sarton menyebutkan bahwa ibnu sina merupakan ilmuwan paling terkenal dari islam dan salah satu paling terkenal pada semua bidang, tempat, dan waktu.
Al-khawarizmy
Lahir pada tahun 780 H. Karyanya tentang Al-Jabar adalah ‘hisab al-jabar wal muqaballa’. Buku ini diterjemahkan pada abad ke-12 ke dalam bahasa latin oleh Gerard dari Cremona. Pada abad ke-16 buku beliau digunakan sebagai teks utama matematika di universitas-universitas Eropa. Beliau berjasa memperkenalkan angka-angka arab yang di sebut Al-Gorisme ke dunia barat.
Ibnu Batuta
Dialah seorang pengembara ulung yang sempat berkunjung ke Indonesia pada tahun 1344 M. Ia telah melakukan perjalan sejauh 75.000 mil, sebuah rekor unik untuk zaman itu.
George sarton menulis,” Diperkirakan (oleh sir Heny Yuless 1820-1889) bahwa ibnu batuta telah menjelajahi daratan dan lautan jauh lebih panjang dari perjalanan Marcopolo, atau lebih dari pengelana manapun sebelum zaman mesin uap.
Saudaraku,
Nama-nama yang diceritakan di atas baru sebagian kecil dari tokoh-tokoh islam yang telah mewarnai pemikiran barat (khususnya eropa) hingga beberapa abad setelahnya. Selain mereka, masih banyak lagi yang tidak di muat jika di sebutkan disini. Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment